Kehidupan di Desa Jogoloyo

JOGOLOYO.DESA.ID–Desa Jogoloyo merupakan salah satu desa di Kecamatan Wonosalam yang memiliki beberapa potensi yang dapat dikembangkan untuk perkembangan desa ke arah yang lebih baik. Desa Jogoloyo Letak desa ini berasa 2 km dari terminal Demak dan Pusat Kota Demak. Akses kendaraan menuju daerah ini dapat terhubung dengan angkutan pedesaan (seperti dokar).

Desa jogoloyo yang konon berasal dari kata “jogo keloyo-loyo” –karena dulu di tempat tersebut merupakan letak penjaga kesultanan– adalah desa yang terus berkembang mengikuti proses kemajuan. Sedikit tentang desa ini kami jelaskan sebagai berikut :

Mata Pencaharian

Desa Jogoloyo memiliki 8 RW dimana 7 RW diantaranya berpencaharian sebagai petani, dan sebagian lainnya berpencaharian sebagai peternak, dan pengusaha kecil. Desa Jogoloyo merupakan salah satu Desa di Kecamatan Wonosalam, Demak yang memiliki sebagian besar masyarakatnya berpencaharian sebagai petani. Hal tersebut dikarenakan Desa Jogoloyo memiliki ladang pertanian yang luas sehingga cocok untuk menjadi ladang pertanian. Namun selain sebagai petani, Jogoloyo juga memiliki warga yang berprofesi sebagai pengusaha kecil dan juga menciptakan bank sampah. Selain itu beberapa warga juga bekerja di sektor hunian yaitu Perumnas.

Tingkat Perekonomian

Kesadaran masyarakat Jogoloyo akan pendidikan cukup baik, hal itu berhubungan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Jogoloyo. Tingkat perekonomian yang ada mulai tahap demi tahap bisa dikatakan merata, beberapa warga sudah berkecukupan dan bahkan ada beberapa yang sudah berada di level menengah ke atas. Namun beberapa juga masih berada di level menengah ke bawah.

Penduduk

Desa ini terbagi dalam 34 RT dan 8 RW serta lebih dari 1800 kepala keluarga. Warga di RT 2, 3, 4 dan 6 memiliki mata pencaharian sebagai petani, sedangkan untuk warga di RT 1, 5, 7, dan 8 bekerja di perkantoran dan instansi pemerintahan.

Air, Sanitasi dan Kebersihan

Kebutuhan air pada Desa Jogoloyo dipenuhi dengan pengadaan air dari PDAM. Beberapa Desa di Kecamatan Wonosalam masih memiliki beberapa warga yang melakukan MCK di sungai, namun di Desa Jogoloyo ini kesadaran masyarakat akan kebersihan diri sudah cukup baik, dapat dilihat dari kegiatan MCK seluruh warga sudah dilakukan dirumah masing-masing. Kebersihan lingkungan Desa Jogoloyo cukup diperhatikan oleh masyarakat setempat sehingga kondisi lingkungan yang dilihat tertata rapi dan cukup bersih. (Kang Saifudin)

2 Comments

Tinggalkan Balasan