Karang Taruna Ngabehi Ramaikan HUT RI Ke-73

JOGOLOYO.DESA.ID, DEMAK – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 menjadi momen menjaga kekompakan Karang Taruna Ngabehi, Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak.

Perlombaan atau Lomba 17 Agustus merupakan agenda rutinitas yang diadakan oleh hampir seluruh warga indonesia terlebih yang berada di pedesaan. Kegiatan tahunan ini biasanya diadakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Dan tidak jarang diadakan pada hari atau tanggal diluar bulan Agustus.

Dan untuk mengadakan acara Lomba 17 Agustus bisa dilakukan di suatu tempat atau halaman yang cukup memadai peserta sekaligus warga yang hadir. Hal ini dimaksudkan agar peringatan HUT RI tampak begitu meriah dan bisa dinikmati oleh warga setempat yang menyaksikan.

Karang taruna Ngabehi adalah salah satu dari sekian banyak stakeholder yang memiliki peran penting dalam pemerintahan desa Jogoloyo. Dengan berbekal puluhan anggota mereka kompak menggelar rangkaian peringatan Kemerdekaan RI di bulan Agustus.

Mustaghfirin, ketua Karang Taruna Ngabehi menjelaskan selama dua minggu, persiapan peringatan Kemerdekaan RI dilakukan untuk mensukseskan bermacam kegiatan.

Mulai dari ziarah makam pepunden desa, beragam lomba, festival layang-layang, dan jalan sehat.

“Kemarin dalam rangkaian kegiatan 17 Agustusan ada jalan sehat dan ziarah makam pepunden desa Simbah Bei dengan start-finish lapangan desa Jogoloyo. Jalan sehat kali ini juga diramaikan oleh organ tunggal,” ujar Mustaghfirin.

Saiful Mujab selaku panitia menjelaskan peringatan HUT RI ke-73 diramaikan dengan berbagai macam perlombaan. Jenis kegiatan yang dilombakan adalah Lomba Rangking 1, Ring Sarung, Estafet Karet, Sprentol, Dakon, Engklek, dan Festival Layang-layang.

Lanjutnya, dari tahun ke tahun perayaan Kemerdekaan RI tidak pernah luput digelar Karang Taruna Ngabehi. Namun, tahun ini dianggap lebih spesial dengan jenis kegiatan yang lebih banyak dan durasi hari yang panjang.

Bak gayung bersambut, antusias warga Jogoloyo juga meningkat. Pemerintah Desa dan BPD Jogoloyo pun juga memberikan dukungan baik saat persiapan maupun pada waktu kegiatan.

“Antusias warga juga meningkat, hampir semua warga ikut berpartisipasi termasuk ada yang menjadi sponsor seperti dari PC. ISNU Kabupaten Demak. Masyarakat tidak hanya ikut kegiatan tapi mendukung dengan sumbangsih lain,” bebernya.

Selain menambah rasa nasionalisme, berbagai kegiatan yang digelar ini dharapkan menjadi ajang warga dari anak-anak hingga orang tua untuk menunjukkan potensinya.

Di tahun yang akan datang, Karang Taruna Ngabehi juga berharap dapat menggelar kegiatan yang lebih baik sembari terus menjaga kekompakkan anggota. (Kang Din)

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan